" Apa gunanya punya jutaan piala, medali, dan pesawat, jika kau tidak dapat bersenang-senang? " [James Hunt]

Selasa, 14 November 2017

Membumikan Gas Bumi Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

by
Indonesia kini berada diposisi ke empat menurut jumlah penduduknya dibawah Tiongkok, India dan USA. Keadaan ini sejalan dengan kebutuhan yang terus naik khususnya penggunaan energi. Apalagi dalam sektor industri yang mendominasi penggunaan energi di Indonesia. Sedangkan cadangan energi di Indonesia kian menipis seperti minyak bumi sekitar 18 tahun dan Gas Bumi sekitar 61 tahun kedepan. Menipisnya cadangan dan pesatnya kebutuhan tersebut harus diikuti dengan efisiensi. Dari segi penggunaan, Gas Bumi dianggap lebih murah dan juga lebih ramah lingkungan. Apalagi bila kita bisa melihat kondisi saat ini masyarakat kita dibebani dengan harga mahal minyak, padahal disisi lain ada energi murah yang melimpah malah dinikmati negara tetangga. Banyak keuntungan pula yang dapat diperoleh bila masyarakat menggunakan gas bumi atau gas ala ini. Jadi seharusnya kita di Indonesia mampu memanfaatkan sumberdaya ini sebaikn-baiknya untuk kepentingan masyarakat dan bukan segelintir orang.
(credit to: google.com)

Gas Bumi ini dapat disalurkan melalui pipa-pipa distribusi ke berbagai pengguna seperti rumah tangga, industri, pembangkit listrik, hingga komersial seperti restoran, rumah makan, umkm, SPBG bahkan rumah sakit sekalipun. Selain itu, sambungan gas ke rumah-rumah juga praktis dibandingkan LPG yang masih perlu diangkut ketika habis. Dari segi harga pun gas bumi lebih unggul sekitar 40% dari LPG dikisaran 30 ribuan. Ini tentunya akan sangat membantu kebanyakan masyarakat yang masih menengah kebawah untuk menghemat kebutuhan dapur. Selain itu juga sambungan gas rumah tangga dianggap lebih aman dari bahaya kebakaran karena tekanannya berkisar 0.2 bar (dikutip dari Finance Detik). Selanjutnya juga dalam hal penanganan kebocoran juga dapat selesai dalam 1-2 jam setelah laporan. Apalagi pelanggan gas bumi bervariasi mulai industri kecil hingga besar. Bahkan beberapa restoran, hotel dan mal-mal besar di Jakarta sudah menggunakan gas bumi sebagai pembangkit listriknya. Tidak berhenti disitu bahkan dari transportasi khususnya bajaj sudah mulai menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG). Ditambah lagi sudah adanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang tersebar diberbagai daerah. Tentunya ini dapat menunjang kehidupan masyarakat luas, mendorong perekonomian masyarakat dalam pemanfaatannya. Bisa dibayangkan akan terpenuhinya kebutuhan ibu rumah tangga ataupun keluarga-keluarga rumah susun sehingga tidak susah payah lagi membayar dengan harga mahal. Menjangkau hingga masyarakat di pedesaan dan perkotaan juga.

Untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat akan gas bumi, pemerintah melalui PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus berkomitmen memperluas dan menyalurkan gas bumi. PGN telah membangun infrastruktur gas bumi sepanjang 6.971 km sampai saat ini (dikutip dari Liputan6). Dengan demikian melalui pipa-pipa distribusi tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat luas dari ujung timur hingga barat Indonesia. Maka dari itu bukan tidak mungkin untuk membumikan gas bumi di Indonesia dengan mewujudkan energi pilihan yang efisien, ramah lingkungan dan aman tentunya untuk seluruh rakyat Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan gas bumi sedikitnya mengurangi ketergantungan pada energi impor. Dengan demikian penduduk dengan lebih dari 200 juta jiwa dapat merasakan kekayaan alam Indonesia ini yang melimpah. Sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya membantu rakyat miskin di Indonesia yang mencapai 10 persen atau sekitar 20 juta jiwa. Mereka-mereka inilah yang juga memiliki hak untuk dapat menikmati kekayaan ala mini dan sekali lagi bukan hanya segelintir orang-orang yang berkuasa.

Rabu, 25 Oktober 2017

Jadi Bisa Refund Cepat Di Traveloka

by
Halo sobat blogger, waktu liburan ke Jogja kemarin itu pertama kali nya saya mau liburan dengan jadwal yang tidak pasti. Begitulah resiko saat saya pertama kali kerja dan masih butuh banyak belajar namun tetap ingin liburan hehe. Meskipun jauh hari saya sudah menyiapkan tanggalnya, toh 2 minggu hingga 1 minggu kemudian bisa berubah lagi tanggal liburan saya. Bahkan waktu itu jadwal saya berubah di H-6 sebelum keberangkatan setelah mendapatkan info jadwal penerbangan sore saya BDJ-CGK dipindah ke malam hari. Padahal awalnya saya mengambil jadwal penerbangan sore BDJ-CGK agar bisa lanjut penerbangan malam CGK-JOG. Untungnya pesan tiket waktu itu lewat TRAVELOKA.

Awalnya saya mau ganti jadwal aja, namun terlintas pilihan untuk refund ditambah bila ingin ganti jadwal waktu itu dikenakan biaya tambahan juga. Maklum jiwa Ke-Mahasiswa-an masih melekat erat dalam jiwa saya dan akhirnya saya putuskan untuk refund aja sambil membuktikan 30 days refund guarantee nya TRAVELOKA. Langsung saja saya coba isi semua yang diperlukan dan mengikuti semua tahapan untuk bisa refund dari aplikasinya langsung. Setelah itu saya menerima email pengajuan refund saya sudah dikirimkan ke pihak TRAVELOKA. Kemudian setelah 30 menit saya menerima email lagi untuk request refund approved dan setelah ini tinggal menunggu uang kita kembali dengan damai hehe. Waktu itu proses refund saya diproses tanggal 23 Agustus dan belum cukup 30 hari tepatnya 17 September saya menerima pemberitahuan uang refund saya sudah diterima dengan baik. Ini bahkan cuma 20 hari dan sekaligus membuktikan 30 days refund guarantee nya TRAVELOKA memang teruji dan mantap. Di TRAVELOKA kita jadi bisa refund dengan cepat, garansi 30 hari saja lho.

30 days refund guarantee  ini salah satu fitur terbaik TRAVELOKA sebagai wujud pemberian layanan terbaiknya kepada para pelanggan. 30 days refund guarantee nya TRAVELOKA juga sangat membantu dan tentunya buat kita merasa nyaman dan aman. Semuanya akan sangat mudah dilakukan, bisa menggunakan aplikasinya via Smartphone ataupun via websitenya. Kita pun juga dipandu dengan baik melalui langkah-langkah nya yang mudah.  Dari segi waktu juga sangat fleksibel dimanapun kapanpun selama terhubung ke jaringan internet. Pengajuan refund ini pun bisa dilakukan sampai H-1 tergantung validitas tiket Anda berdasarkan kebijakan maskapai yang dipilih. Semuanya juga bisa dipantau melalui aplikasinya dibagian detail dari 'pesanan saya'. Jadi ketakukan tiket hangus sudah tidak ada lagi, kecuali jika memang diawal tiket Anda tidak bisa di refund atau kembali lagi kepada kebijakan dari maskapai masing-masing. Uang hasil refund nya pun langsung masuk ke rekening yang telah dipilih sebelumnya. Prosesnya juga aman karena langsung melalui email kita pribadi atau akun pribadi kita di aplikasi TRAVELOKA.

Ingat! untuk refund ini juga berlaku untuk pemesanan hotel ya, perhatikan yang bertanda khusus refundable. Prosesnya pun kurang lebih sama dengan yang tiket pesawat dan tentunya 30 days refund guarantee tetap berlaku. TRAVELOKA memang paling mengerti kebutuhan dan keluhan para pelanggannya.

#JadiBisa Liburan menyenangkan dengan TRAVELOKA, pesan dahulu baru refund kemudian *asal sesuai dengan syarat dan kebijakan yang berlaku ya*. Hanya dalam satu aplikasi semuanya jadi mudah, mulai pesan tiket pesawat, kereta api, hotel, paket pesawat+hotel, rekreasi hingga pulsa dan kuota. Fiturnya pun menarik dan memudahkan kita seperti easy rescheduleprice alert hingga 30 days refund guarantee nya.

Rabu, 04 Oktober 2017

Hari 3 & 4 Di Jogja - Menikmati Alam Kalibiru & Keajaiban Candi Borobudur

by
Setelah sebelumnya Hari 1 & 2 Di Jogja – Luasnya Candi Ratu Boko & Kemegahan Candi Prambanan , di hari berikutnya saya mau mencoba menikmati wisata alam dan keindahan cagar budaya dari Jogja. Dengan cukupnya istirahat dan asupan makanan yang sesuai saya pun siap bertualang kembali di kota gudeg. Banyaknya tempat wisata di jogja tidak imbang dengan masa liburan singkat saya ini, makanya saya cuma bisa memilih tempat-tempat yang memungkinkan untuk dikunjungi utamanya seorang diri.

Berangkat lebih pagi sekitar jam 9 menuju wisata alam kalibiru menggunakan sepeda motor. Menuju kalibiru dari kota jogja diperlukan waktu sekitar 90 menit, itu sudah ditambah waktu 'tersesat' bila hanya bermodalkan google maps atau waze saja. Setengah perjalanan masih enak karena masih jalanan aspal, namun setelah keluar dari teritorial jogja itu sendiri maka selesailah sudah kebahagiaan itu. Disini jalanan mulai tidak teratur, berkerikil dimana-mana dan mulai melewati perkampungan dibawah kaki gunung. Tapi tidak terlalu lama hingga saya dapat kembali ke jalanan beraspal, namun kali ini jalanannya yang cukup terjal untuk dilalui. Hingga pada akhirnya saya bisa sampai di Wisata Alam Kalibiru, untuk tiket masuk anda harus membayar sebesar 15 ribu. Tempatnya yang berada diketinggian dan pemandangannya ke kalibiruitu sendiri yang membuat orang tertarik untuk datang kesini untuk sekadar berfoto ria. Disini memang tempatnya paling enak bila berdua dengan pasangan atau minimal rame-rame bareng teman, sangat tidak direkomendasikan untuk pergi sendiri! CATAT !!! Jepret sana ... Jepret sini ... Naik pohon satu ke pohon yang lainnya untuk berfoto atau sekadar melihat pemandangan sekitar.

Setelah puas lalu saya melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur,

Senin, 18 September 2017

Hari 1 & 2 Di Jogja – Luasnya Candi Ratu Boko & Kemegahan Candi Prambanan

by
Perjalanan kali ini saya terbang dari Banjarmasin ke Jogja dengan transit di Jakarta terlebih dulu. Berangkat siang hari dan tiba saat malam hari, harga tiket yang dengan rute tersebut menurut saya cukup murah bila dibandingkan melalui transit di surabaya. Saya tiba di jogja jam 11 malam, saya cukup kaget karena pintu keluar bandaranya dekat dengan jalan utama, jadinya bisa pesan Go-Jek (Aplikasi Ojek Online).

Kawasan Utama Candi Prambanan

Selama di Jogja saya menginap di EDU HOSTEL, penginapan ala-ala backpacker bertempat di Jogja. Penginapan ini gampang saya temukan di TRAVELOKA (Aplikasi pesan tiket Pesawat & Hotel Online) karena Review nya yang bagus dan harga nya cukup murah. Jaraknya dari bandara pun sekitar 20 km, lokasinya juga dekat dengan kawasan Malioboro. Tempatnya sangat nyaman dengan masing-masing kamar punya 3 kasur dua tingkat untuk 6 orang, 1 kamar mandi, 6 loker barang, AC pula dan dapat FREE SARAPAN. Tempatnya juga cukup bersih, kasurnya juga enak, hanya saja Anda perlu memiliki gembok bila ingin mengamankan barang di loker (bisa juga beli di bagian resepsionis hostelnya). Untuk motor saya memilih untuk rental di JOGJIG . Setelah selesai bongkar muat barang, charge hp+powerbank, kunci loker kemudian tidur untuk persiapan menjelajah di hari berikutnya.

Keesokan harinya saya sudah siap jam 10 dan memulai perjalanan saya yang pertama menuju wilayah Candi Prambanan menggunakan rute Google Map dengan jarak 23 km. Saya pun tiba disana sekitar jam 11 siang, langsung menuju loket pembelian tiket seharga 75,000 untuk Candi Prambanan + Candi Ratu Boko. Karena lokasi Candi Ratu Boko yang agak jauh maka saya disarankan untuk mengunjungi nya pertama. Saya menggunakan shuttle bus menuju Candi Ratu Boko dengan perjalanan sekitar 10 menit.

Gerbang Utama Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko sendiri merupakan kompleks sejumlah bangunan yang berada di selatan Candi Prambanan dimana tempatnya yang berada diatas bukit. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat yaitu Roro Jonggrang. Kawasan Candi Ratu Boko ini sangat luas, saya pun cukup lelah berkeliling mulai dari gerbang depan hingga ke kawasan padepokan nya. Disini biasanya orang berdatangan saat matahari tenggelam (baca: sunset). Karena posisinya yang berada diatas bukit, jadi pemandangan kebawah nya pun cukup bagus. Banyak spot foto yang instagramable buat Anda yang menyukai fotografi, bagi Anda yang senang menjelajah juga sangat saya rekomendasikan. Disini Anda tidak hanya belajar sejarah namun juga akan kagum dibuatnya, luasnya kawasan ini maupun arsitektur bangunan candi yang masih utuh sampai hari ini. Cukup 1 jam saya mengelilingi kawasan Candi Ratu Boko dan saya akhiri dengan menikmati kelapa muda dan soto untuk makan siang.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi terbesarnya pun bernama Candi Brahma, Wisnu dan Siwa lambing dari Tri Murti dalam agama Hindu. Didepan setiap candi utama terdapat candi yang melambangkan wahana dari Tri Murti itu sendiri seperti Garuda (Suparna), Lembu (Nandhini) dan Angsa (Hamsa). Satu persatu candi utama dan wahana pun saya kunjungi, dan memang hanya tersisa beberapa Arca yang masih utuh didalam masing-masing candi. Ternyata sekitar tahun 2006 pernah terjadi gempa yang mengakibatkan kompleks Candi Prambanan rusak parah karenanya dan lainnya rata dengan tanah. Didalam kawasan Candi Prambanan juga saya bisa menemukan Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, Candi Plaosan yang mana terkena dampak juga.

Candi Prambanan Dari Sisi Pintu Keluar

Setelah puas dengan berkeliling dan mengagumi keindahan arsitektur dari candi-candi ini akhirnya saya memutuskan untuk pulang dan beristirahat. Perjalanan ke timur jogja kali ini cukup mengesankan dan membuat liburan singkat saya terasa sempurna.  Istirahat yang cukup merupakan kunci untuk bisa maksimal dalam penjelajahan di hari berikutnya yang mana menuju ke barat jogja. Sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya, terima kasih sudah mengikuti cerita saya. Salam Blogger

Minggu, 10 September 2017

Semuanya Dimulai Dari Jogjakarta

by
Semuanya Dimulai Dari Jogjakarta - Kesempatan dapat liburan singkat akhir Agustus lalu membuat saya memilih Jogja sebagai kota tujuan. Dari rencana awal memang rute liburan saya ingin mencoba Jogja-Semarang-Dieng-Surabaya atau mencoba menjelajah Malaysia-Singapura-Thailand-Myanmar-Kamboja (butuh waktu 14 hari), namun dengan segala pertimbangan waktu akhirnya cuma Jogja. Untuk Anda yang berada di pulau jawa tentu punya banyak pilihan untuk transportasi, Anda bisa menyesuaikan budget dan waktu Anda. Namun berbeda bila Anda diluar pulau jawa seperti saya ini, hanya bisa menggunakan Pesawat Terbang. Dengan biaya yang lebih mahal tentunya yang hanya penerbangan antar kota, bandingkan sama rute Jakarta-Malaysia atau Jakarta-Singapura yang lebih murah.
Candi Prambanan tampak samping

Disini di Jogja semuanya dimulai, perjalanan pertama saya yang akan membawa saya pada perjanalan selanjutnya. Perjalanan pertama ini meliputi 5 Kabupaten & 2 Kotamadya, 7 Hari 6 Malam, 4 Bandar Udara. Senang bisa mengunjungi Kab. Gunung Kidul, Kab. Bantul, Kab. Sleman, Kab. Kulon Progo, Kota Yogyakarta, Kab. Sidoarjo, dan Kota Surabaya. Menginap dan merasakan suasana kota Indonesia selama 7 Hari 6 Malam seorang diri dan melalui 4 Bandar Udara meliputi Bandar Udara Syamsudin Noor, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Bandar Udara Internasional Juanda.

Beberapa Stupa Candi Borobudur

Gerbang Depan Candi Ratu Boko

Perjanalan singkat nan melelahkan tetap saya jalani demi mengenal Bumi Nusantara beserta isinya. Mengenal dan mengunjungi tempat-tempat baru sambil mengagumi segala ciptaan-Nya. Bukan hanya sekedar berfoto ria namun juga mendapatkan makna dari perjalanan itu sendiri. Apalagi disini saya cuma berjalan sendiri (mau nya sih cari teman jalan), banyak hal yang harus dipersiapkan juga.

Dan yang paling menyenangkan dari sebuah perjalanan adalah bisa kembali ke rumah

Selanjutnya saya akan coba berbagi kegiatan saya setiap harinya termasuk kunjungan beberapa tempat di Jogja. Semoga bermanfaat dan yang belum ke jogja bisa segera berkunjung ke jogja.

Happy Sharing

Kamis, 31 Agustus 2017

Belajar Fintech Di Indonesia Smart Digital Financial Services Forum 2017

Indonesia Smart Digital Financial Services Forum 2017 - Smart Fintech

Fintech atau Financial Technology merupakan inovasi dalam layanan finansial termasuk keuangan dengan memanfaatkan teknologi sebagai pendukungnya. Fintech ini menawarkan beberapa solusi yang tentunya sesuai demand seperti kemudahan, keamanan, maupun harga/biaya yang dikeluarkan. Adapun pemain Fintech di Indonesia seperti Koin works, Sleekr, Bitcoin, Kaspay dst.

Sebagai pemain dalam Fintech, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti klasifikasi fintech; apakah market provisioning/lending/fund raising/investment/payment. Pentingnya juga untuk mengetahui cara melakukan Branding terhadap produk/perusahaan fintech anda, yang mana tentunya ini akan berkaitan dengan investor. Investasi dari investor tentunya bakal menjadi angin segar bagi sebuah organisasi/startup

Pemain Fintech tentunya mesti 'aware' juga terhadap kemanan khususnya yang terhubung internet. Di era teknologi ini juga tak luput berbagai kejahatan/tindak kriminal/cybercrime dapat terjadi. Diketahui bahwa lebih dari 100,000 angka cybercrime terjadi di berbagai negara di dunia. Adapun jenis cybercrime ini mulai dari spionase suatu organisasi/negara, sabotase, konten ilegal, hacking, cracking, penyebaran malware ataupun virus.

Diketahui dampak cybercrime ini setidaknya telah merugikan dunia sedikitnya 400,000 USD per tahun. Sebut saja kasus yang baru ini jadi perbincangan hangat seperti Ransomware, WannaCry dst yang mampu 'mencuri' uang anda ataupun data-data pribadi/perusahaan anda. Untuk itu kita perlu aware terhadapnya dan juga tanggap dalam pencegahannya. Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk pencegahan seperti Next Generation Firewall, Next Generation Internet Protocol System ataupun Email Security Appliance with Advance Malware Protection.

Hari ini Fintech saja tidak cukup, namun harus Smart Fintech. So 'Always be Innovative' , 'Disrupt or Be Disrupted' . Sekian saja karena sudah malam, ikan bobo, kamu juga bobo ya, kan kan gajelas penutupnya, pastikan kamu yang baca ini sampai selesai mulai ketawa-ketiwi tralala trilili. Stooop tipu tipu!

Namaste ...
Pemuda Anti Wacana

Senin, 14 Agustus 2017

Investasi Lewat Cloud Mining BITCOIN Di Genesis-Mining

by
Investasi Lewat Cloud Mining BITCOIN Di Genesis-Mining - Haloo kembali lagi bersama Official Wacana kali ini yang akan membahas seputar Investasi Bitcoin lewat Cloud Mining khususnya Genesis-MiningGenesis-Mining merupakan perusahaan professional yang berbasis di Iceland yang fokus pada bidang usaha Mining Bitcoin.

Apa Kelebihan Genesis Mining ?

- Perusahaan kredibel, terpercaya dan  professional.

- Payout tambang dibayar ontime/tepat waktu setiap hari.

- Kontrak seumur hidup. Tidak ada biaya tambahan. Pembayaran menggunakan kartu kredit VISA / MasterCard, wire transfer, Bitcoin, Darkcoin, Litecoin, dan Dogecoin.

- Proses tambang instan (setelah pembayaran lunas, sekitar 1-2 hari tambang aktif)

- Beroperasi selama 24 jam / 7 hari tanpa downtime.

- Menambang beberapa Cryptocoin seperti Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, BitcoinDark, Darkcoin, dan Unobtanium. Anda tinggal memilih alokasi tambang koin-koin tersebut. Bisa fokus di satu koin saja atau beberapa koin sekaligus.

- Menggunakan teknologi hardware dan software tambang cryptocoin terbaru.

Tertarik untuk Investasi BITCOIN ? Segera Ikuti Panduan Berikut:

Sebelum Mendaftar pastikan Anda sudah memiliki Bitcoin Wallet/Dompet Bitcoin. Bila belum silakan mendaftar DISINI

Setelah Anda memiliki Bitcoin Wallet silakan lanjutkan Mendaftar Clound Mining Di Genesis-Mining DISINI

- Silahkan isi email, kata sandi Anda, kemudian klik Daftar.

- Verifikasikan alamat email dengan mengklik link verifikasi di email Anda.

- Silahkan login. Untuk melakukan pembelian silahkan pilih menu Upgrade Hashpower.

Geser tombol SHA256 Hashrate sesuai dengan pilihan investasi anda.

Pilih salah satu metode pembayaran di submenu Payment Type.

Klik continue. Jika ingin mendapatkan diskon, silahkan masukkan kode diskon berikut ini: Yn3a1K . Maka harga investasi anda mendapatkan diskon 3% dari harga normal.

Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan metode pembayaran.

Masukkan alamat bitcoin untuk Payout tambang Bitcoin setiap hari. Isi sesuai Dompet/Wallet yang Anda miliki. Misal Anda punya Bitcoin Wallet maka isi di Bitcoin, dan bila Anda punya Altcoin silakan isi sesuai dengan Altcoin yang Anda miliki.

Jika pembayaran sukses, anda akan mendapatkan email notifikasi ketika alat tambang anda telah aktif.

Payout bitcoin/altcoin akan masuk ke dompet Bitcoin / Altcoin anda secara otomatis 24 jam, tanpa melakukan request terlebih dahulu.

Tunggu apalagi, segera gabung dan nikmati hasil tambang Bitcoin / Altcoin Anda! Lumayan dapat Diskon 3% dengan masukkan kode diskon berikut ini: Yn3a1K

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Investasi Lewat Cloud Mining BITCOIN Di Genesis-Mining . Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Bitcoin, Cloud Mining, Genesis Mining dan lain-lain silakan berikan komentar dibawah ya. Atau bisa juga melalui Kontak di blog ini. Terima kasih.  Happy Mining !!!

Kamis, 27 Juli 2017

Main ke Indonesia International Smart City Forum 2017

Indonesia International Smart City Forum 2017
"Smart City Development in Developing Countries: Challenges and Opportunities"

Smart City berbicara mengenai sinergitas antara teknologi dengan masyarakat disuatu kota/wilayah. Smart City memiliki beberapa elemen penting seperti Smart Governance, Smart Living, Smart Environment, Smart Economy, & Smart People. Faktanya hari ini Smart City sangat dibutuhkan dan perlu segera di implementasikan dikarenakan kita butuh semuanya serba cepat, mudah dan terjangkau.

Beberapa negara/wilayah yang dapat dikatakan Smart City seperti USA, Negara-Negara Eropa, di Asia ada Jepang & Korea Selatan, hingga di Asia Tenggara ada Singapura. Dalam hal ini Indonesia juga tidak mau kalah, pergerakan Pemerintah, Para Ahli, Praktisi ataupun Akademisi kita sudah dan sedang melaksanakan program-program demi mewujudkan Smart City. Sebut saja seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan Command Center nya. Kemudian per 2017 ini beberapa Kementerian dan Kantor Kepresidenan Republik Indonesia sepakat menginisiasi gerakan 100 Smart City di Indonesia.

Selanjutnya untuk mewujudkan elemen-elemen Smart City tersebut juga dibutuhkan modal investasi yang besar. Pentingnya peran investor disini juga dipertimbangkan. Namun bagi Indonesia sebagai satu diantara 5 negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia selain India, China, USA, Jepang tentunya sangat dipertimbangkan oleh investor" yang ada.
Dalam rangka mewujudkan niat baik ini tentunya sangat dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama yang apik antara Pemerintah dan masyarakatnya. Karena ini urusan membangun hidup bersama yang mana takkan bisa terwujud bila salah satunya tidak saling mendukung. Membangun Smart City sangat dibutuhkan Transformasi dimana kemauan untuk berubah dan juga komitmen didalamnya.

Salam
Pemuda yang tersesat di JCC

Sabtu, 14 Januari 2017

Main Ke Danau Seran Dan Rumah Jomblo Di Kalimantan

by
Main Ke Danau Seran Dan Rumah Jomblo Di Kalimantan - Haloo gan, lama tak jumpa di blog kesayangan Official Wacana Blog. Kali ini saya akan kembali lagi dengan berbagi cerita dari daerah Kalimantan Selatan. Pertama kali tiba dikalimantan langsung mendarat di kota Banjarmasin, kota yang terkenal dengan pasar terapungnya (meskipun belum sempat kesana, semoga aja bisa). Tak perlu panjang lebar langsung saja petualangan diawal tahun 2017 ini saya mulai dari Danau Seran. Karena di Kalimantan Selatan ini sangat banyak wisata danau, apalagi danau yang airnya berwarna biru bekas penambangan.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Danau Seran ini sekitar 1,5 jam dari kota Banjarmasin atau sekitar 1 jam dari kota Banjarbaru. Tidak sulit juga untuk mencarinya di google maps, jadi teman-teman tidak perlu khawatir untuk tersesat hehehe. OK! Perjalanan kesana menggunakan mobil Avanza, sepanjang perjalanan beraspal jadi lancar aja. Eitsss, tapi ketika sudah menemui tanda arah menuju Danau Seran ini bersiap-siaplah menghadapi serangan tanah merah yang bisa ‘becek’ sewaktu-waktu kena air. Jadi disarankan berhati-hati bagi yang ingin berkunjung kesini ketika musim hujan. Lanjuuttt, tidak jauh dari sana sekitar 10 menit kita sudah sampai dan langsung disambut dengan …. Karcis masuk. Tapi dari pintu masuknya pun sudah terlihat danau yang sangat luas nan indah membentang. Sangat disarankan sih masuk dari arah yang benar, biar bisa berhenti berfoto ria bersama danau yang bening ini.

Danau Seran, Kalimantan Selatan Tampak Gelap

Numpang eksis dulu di Danau Seran

Danau Seran, Kalimantan Selatan  Tampak Terang

Sebenarnya sih danaunya luas, cuma karena baru-baru saja terangkat jadi tempat berwisata jadinya infrastrukrur pendukungnya baru juga dibangun. Disini Anda bisa juga menyeberang ke pulau sebelah sekitar 5 menit saja menggunakan perahu. Dipulau itu kurang tampak beberapa ayunan yang dapat dimainkan serta jajanan bila kalian lapar. Selebihnya pemandangan danau ini dari pulau tersebut kurang memuaskan disbanding dekat pintu masuk tadi. Makanya tidak lama dari pulau tersebut kami langsung bergegas untuk ke tempat selanjutnya.

Rumah Jomblo Gunung Kupang, Kalimantan Selatan

Pemandangan sekitar Rumah Jomblo

Tujuan selanjutnya kami menuju ke daerah Banjarbaru, mendatangi sebuah tempat yang orang sini katakana sebagai ‘rumah jomblo’. Rumahnya memang tinggal satu-satunya berada diketinggian tertentu yang entah disengaja atau tidak oleh developer perumahan sini. Tempat ‘wisata’ rumah jomblo ini berada didaerah gunung kupang perumahan cempaka. Pemandangan yang jarang ditemui ini pun cukup menarik minat warga sekitar serta orang-orang dari berbagai daerah untuk dating melihatnya sendiri. Kami tiba disini sekitar jam 5 sore dimana matahari sebentar lagi terbenam. Maka tinggal lah kami berfoto ria dengan rumah jomblo yang mirip rumah dalam film up (awalnya rumah ini ditambahkan balon juga lhoo). Tak lama setelah menikmati matahari tenggelam kami pun akhirnya pulang. Begitulah cerita kami diawal tahun 2017, berharap bisa menjelajah Kalimantan selatan lagi dibulan-bulan selanjutnya.