" Apa gunanya punya jutaan piala, medali, dan pesawat, jika kau tidak dapat bersenang-senang? " [James Hunt]

Minggu, 24 Mei 2015

,

Blogging, Menulis Atau Membaca

Selamat sore semuanya, sudah lama ane tidak menulis di blog ini hampir sekiranya 2 bulan dengan postingan terakhir ane tentang Petualangan ke Curug Malela, Kabupaten Bandung Barat Indonesia. Kali ini ane mencoba untuk menulis kembali setelah semester ini telah selesai bersama dengan tugas-tugas serta deadline didalamnya. Sekarang ane mencoba beropini mengenai Blogging, Menulis Atau Membaca yang tentunya sudah tidak asing bagi rekan-rekan blogger sekalian. Disini ane ingin berbagai pendapat tentang hubungan ketiga hal tersebut yang sempat terpikir oleh ane saat tak melakukan salah satunya. Sebenarnya tulisan ini ane harap bisa menjadi pengantar untuk tulisan ane kedepannya yang mulai kembali lagi ke dalam dunia blogging dengan gaya yang berbeda.

Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Pada intinya Blogging atau Ngeblog itu melakukan aktivitas pada blog kita dalam sebuah halaman web. Dengan semakin berkembangnya zaman khususnya mengenai internet maka semakin banyak aktivitas yang dapat kita lakukan secara online. Ngeblog atau Blogging ini salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan contohnya, itu dikarenakan disini kita bisa menulis, membaca, berkenalan dengan orang baru, membuat usaha, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya rekan-rekan blogger bisa mencari jenis-jenis blog yang ada ataupun tipe blogger di Wikipedia atau Google, yang tentunya mulai dari blog maupun blogger (sebutan untuk orang yang Ngeblog atau Blogging) yang bermanfaat hingga dapat merusak juga. Selama ini syukurnya ane selalu Ngeblog untuk hal-hal yang bermanfaat buat ane maupun lingkungan. Ane mulai Ngeblog itu sekitaran tahun 2010 dimana blog ane itu isinya tentang kegiatan dan tugas ane selama SMK. Ane juga sudah pernah membuat blog untuk usaha, pusat informasi dan pengetahuan hingga mencoba serius dengan blog untuk mendapat penghasilan. Meski udah lama Ngeblog tapi ane pernah vakum dalam waktu lama sehingga kemampuan ane sampai sekarang masih rata-rata hehe. Menurut ane kalau ada yang punya kemampuan bahasa pemrograman khususnya HTML/HTML5 akan gampang untuk mengurus bagian template hingga desainnya. Itu juga kalau suka dan fokus pada bagian itu, namun kalau untuk sekadar berbagi tulisan, pemikiran serta pengalaman ane kira tak mesti bisa.
Credit gambar : www.hidayatullah.com

Buat para rekan-rekan blogger tentu merasakan yang namanya membuat postingan atau tulisan untuk blognya. Nah, disinilah ane kira hubungan antara Blogging, Menulis Atau Membaca akan terlihat karena ketika Blogging ente akan menulis ataupun membaca, ketika ente menulis belum tentu itu di blog namun ente mesti membaca disana, dan ketika ente membaca juga belum tentu membaca blog namun pasti ada keinginan untuk menulis disana setelahnya. Wah ane ngomong apa ya ? sepertinya bakalan banyak pembaca yang tidak mengerti dengan maksud ane diatas. Jadi begini, ketika ente Ngeblog atau Blogging pastinya ente akan menulis postingan atau tulisan ente sendiri, kemudian ente juga pastinya akan dibuat membaca postingan atau tulisan rekan blogger yang lainnya. Selanjutnya ketika ente menulis meskipun ente bukan menulis di blog pastinya ente sebelumnya  pernah membaca tulisan lain baik dari buku, majalah, postingan blog lain yang bisa menjadi inspirasi ente untuk menulis. Kemudian ketika ente membaca meskipun bukan postingan atau tulisan di blog (bisa saja buku, majalah atau koran, dll) pastinya ente punya pengetahuan ataupun ide yang ingin dibagikan dengan cara membuat tulisan ente sendiri ataupun dengan blogging atau Ngeblog.
Untuk selanjutnya bila kita satukan ketiganya maka dalam dunia blogging tentunya ente akan merasakan yang namanya membaca dan menulis baik untuk meningkatkan kualitas tulisan ente nantinya ataupun untuk menambah informasi serta pengetahuan yang dimiliki. Dengan membaca kiranya ane pikir bakal meningkatkan kualitas pemahaman tentang sebuah tulisan ataupun menambah kosakata yang bisa ente gunakan bukan hanya dalam blogging tapi dalam kehidupan juga. Apalagi bila ente seorang penulis maka sebenarnya ente sudah pernah membaca banyak sumber atau referesnsi sekaligus untuk meningkatkan kualitas tulisan ente ataupun mempermudah pembaca dalam memahami tulisan ente. Pada intinya sebenarnya yang ingin ane sampaikan bahwa Ngeblog atau blogging itu tidak mudah namun tetap bisa dipelajari, serta yang ane rasakan untuk membuat sebuah tulisan baik itu opini, fakta maupun sebuah ide/gagasan diperlukan kemampuan menulis yang baik dimana bisa didapatkan dengan banyak berlatih ataupun membaca. Selain menulis tentunya diperlukan kemampuan membaca yang mana bisa didapatkan dari buku-buku apapun, koran serta blog lain yang kita bisa jadikan panduan untuk menjadi yang lebih baik lagi. Ane pribadi juga mengajak rekan-rekan sekalian bahwa dengan Blogging atau Ngeblog kita bisa mengasah kemampuan Membaca dan Menulis kita. Sampai jumpa lagi ditulisan ane selanjutnya, ditunggu komentar dan sharing nya rekan-rekan pembaca :)

"Aku menulis untuk membaca kehidupan. Aku menulis untuk berkaca. Aku menulis untuk melepaskan air mata. Aku menulis untuk menjadikanku manusia. Aku menulis untuk membunuh malam. Aku menulis untuk memaknai hidup. Aku menulis untuk bersyukur. Aku menulis karena menulis menyembuhkan. Aku menulis untuk merapikan masa lalu. Aku menulis karena kata-kata bisa menguatkan. Aku menulis untuk menggali hati nurani.” ~ Iwan Setyawan

48 komentar:

  1. Bersatu kita teguh bercerai kita gagal . mungkin itu tmbahannya gan :D

    BalasHapus
  2. bener banget itu sob , keterampilan menulis di blog memang di butuhkan untuk blogger untuk membuat artikel yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia gan, selamat berkreasi di dunia blogging gan :)

      Hapus
  3. Saya Seneng Ngeblog, tapi soal menulis di buku (0) :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis dalam era digital kali ini bisa jadi solusi alternatif buat ngeblog

      Hapus
  4. Nice gan, komen balik ya gan :)

    BalasHapus
  5. Bagus artikelnya sob,, saran saya sertakan gambar ya, biar ngk jenuh pembacanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gan, makasih masukannya. Gambar juga membantu seo soalnya hehe

      Hapus
  6. bagus gan budayakan menulis untuk kemajuan blogger indonesia

    BalasHapus
  7. keren sekali bang kata-kata terakhirnya :D

    BalasHapus
  8. gimana klo ane yg menulis hanya untuk berbagi informasi dan teknik yg ane pake itu teknik ATM (amati Tiru Modifikasi) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun caranya atau metodenya kalau memang didasari hati yang tulus dan untuk hal baik pasti baik juga gan. Asal ingat cantumkan sumber atau referensi hehe (y) Keep it

      Hapus
  9. keren sob tapi saya setuju yang di atas tambahin gambar biar gak jenuh membacanya ...

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Siap gan, btw web store nya bagus juga gan kali aja nanti ane niat beli barang dari sana (y) hehe

      Hapus
  11. terus berkarya aja gan semoga nanti agan bisa jadi sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. hatur nuhun gan, sama sama. Sesama blogger mari saling membantu gan

      Hapus
  12. Bagus gan. Tapi akan lebih bagus lagi ada gambar pendukungnya biar lebih menarik

    BalasHapus
  13. Bagus gan. Tapi akan lebih bagus lagi ada gambar pendukungnya biar lebih menarik

    BalasHapus
  14. terus semangat gan. ane dulu juga berawal dari keinginan menulis sampe akhirnya memutuskan untuk blogging :)

    BalasHapus
  15. wahhh blogging itu memang sangat menyenangkan, apalagi untuk mengisi sisa waktu luang kta d pake dengan blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp betul tuh gan, semoga bermanfaat bagi blogger yang lain

      Hapus
  16. mantap sob (y)
    kunbalnya :)

    BalasHapus
  17. akan sangat terasa sekali perbedaanya apabila telah lama menjadi seorang penulis blog. Apapun jenis blog nya, semuanya memberikan timbal balik yang positif baik dari segi pengetahuan, wawasan, sampai dengan pertemenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh teh susi, manfaatnya bisa dirasakan langsung atau bahkan secara tak langsung nanti hehe

      Hapus
  18. kalu saya jujur menulis karna emang suka nulis gan dari kecil. dan di satu sisi adalah untuk meluapkans egala emosi dalam tubuh,
    emosi marah, agar nggak keluar ke lingkungan terdekat sebagai kekerasan, dan emosi senang agar jadi tulisan (yang mungkin) bisa jadi motifasi orang di luar sana :D
    nice post gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap juga motivasi nulisnya kang irul. Dengan sering berlatih pasti kita bisa nulis hehe *masih newbie juga ane kang

      Hapus
  19. bagus gan tp biar lebih menarik dikasih gambar pendukung hehehe

    BalasHapus
  20. Itu baru mantap gan, lanjutkan

    BalasHapus
  21. infonya bagus sob,, tapi bikin perih matanya karena tidak ada gambar satu pun :3 saran saya bagusnya tiap postingan taruh 1 buah gambar untuk menarik pembaca sob...

    BalasHapus
  22. wah info nya bagus nih :D tpi diusahain ya sob setiap posting blog harus ada gambarnya :D

    BalasHapus
  23. Wah keren banget nih artikelnya
    oh iya, agar tidak bosan posting gimana gan caranya ?
    Bagi tips dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bosan pasti ada kok gan cuman inget lagi aja keseruan kita ngeblogg khususnya posting dan blogwalking buat menambah pengetahuan kita hehe

      Hapus
  24. keren gan, infonya
    terima kasih banyak, jangan lupa mampir ya, buat baca seni musik

    BalasHapus
  25. nice info gan,ada referensi buat nulis nih gan,sepp

    BalasHapus
  26. mantapp, thanks infonya gan :)

    BalasHapus
  27. Kupasannya mantab (auramirza.com)

    BalasHapus
  28. Bagus gan. Tapi akan lebih bagus lagi ada gambar pendukungnya biar lebih menarik

    BalasHapus
  29. Good. hehee sip. penjuru nusantara blogger

    BalasHapus
  30. nice geneodriver.blogspot.com/2015/05/samsung-galaxy-s5-difference-with.html

    BalasHapus
  31. saya bingung kalo harus menulis tiap hari, kekurangan ide hehe

    BalasHapus
  32. Bagus gan artikel nya bermanfaat pula

    BalasHapus
  33. nice gan artikelnya :3 thanks

    BalasHapus